Sabtu, 16 April 2011

Tips : Agar Facebook Aman Dari Hacking

Situs jajaring sosial ini buming dari tahun ketahun, dari semua kalangan, ada yang memanfaatkan situs jejaring ini untuk memperluas bisnisnya, memperkenalkan produk – produknya.
Agar lebih banyak peminatnya, dan ada juga yang hanya memiliki akun facebook untuk memperluas persahabatan sampai mencari keutungan dengan merugikan orang lain, ada contoh teman saya yang tiba – tiba tulisan pada window group chat ala facebook kontan ia bilang akun saya ada yang heck, tolong add ulang punya saya. Ini akun saya yang baru, lah saya bilang ko teledor sih kang saya bilang.


Yah hanya bisa ikut berduka dengan apa yang teman saya alami, saya kasih tips juga buat teman saya yang kena hack mudah – mudahan ini juga bermanfaat.
Begini tipsnya agar akun facebook kita akan aman dari black hack:

  • Membuat email, untuk akun facebook jangan menggunakan akun email resmi kita, seperti email bisnis dan lain sebagainya, karena akan sangat merugikan kita, bila kita akan kehilangan akses

  • Dalam menu pendaftaran email terdapat menu pertanyaan yang wajib kita jawab “contoh pertanyaan apa nama paman anda” Jawablah dengan jawaban ngawur atau nama yang tidak umum, ini kan menyulitkan orang untuk mecoba membobol akun email kita

  • Setelah kita membuat akun facebook coba langsung kearah privasi untuk merubah agar email kita tidak terlihat oleh teman apalagi orang yang belum kita kenal sama sekali, jadi pengaturanya hanya anda yang bisa melihat email anda sendiri

  • Nah bila kita memang diharuskan menampilkan alamat email pada profile kita, cara ini yang paling tepat, anda harus membuat akun email dengan nama domain pribadi seperti mail@domain.com atau juga menggunakan layanan free domain sperti CO.CC

  • Mempergunakan link akun facebook url yang seperti ini http://facebook.com/……php?=136308723078167 rubah lah menjadi http://facebook.com/nama.kita

  • Jika kita membuka akun facebook diwarnet usahakan untuk membersihkan cookies di broswer, pada saat kita masuk pada akun biasanya broswer kita menawarkan apakah kita akan menyimpan pasword kita atau kita akan selalu masuk, tolak pertanyaan ini

  • Beberapa tips sederhana ini mudah – mudahan bisa meminimalisir black hack, tetap berhati hati. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar